Linda Daranda

Linda Daranda

Kamis, 23 Juni 2011

Aku mendengarkan karena aku mencintaimu

Dulu aku merasa sangat terluka, ketika dia menghabiskan waktu nya untuk bekerja dan bersenang2 dengan teman2 nya. Kami terbiasa saling memberikan kabar sehingga ketika salah satu pihak tak ada yg mengirimkan pesan, kami sangat khawatir. Awalnya aku terluka, karena kukira dia lebih mencintai pekerjaan dan teman2 nya daripada aku. Bahkan belum sehari dia tak ada kabar, aku sudah merasa kehilangan dirinya. Aku sedih, tapi dia bahagia dan semangat. Aku tidak bisa mengerti mengapa dia tidak ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersamaku.
Belajar mengenal sifat nya, dan kebutuhannya untuk menghabiskan waktu sendiri, mandiri dan berpetualang, membantuku untuk tidak merasa tersinggung ketika dia bersemangat untuk bersenang2. Ketika aku belajar mengenali kebiasaan nya, aku menyadari bahwa pergi dengan pekerjaan dan teman2 nya adalah caranya untuk menyendiri. Sekarang ketika dia sedang bersemangat untuk menghabiskan waktu bersama teman2 nya, aku menyadari, dia bukan bersemangat karena akan meninggalkanku, tapi dia bersemangat karena akan pergi berpetualang.
Sekarang aku tidak lagi membenci saat dia pergi selama beberapa hari. Sebaliknya, aku malah menghargai kenyataan bahwa dia mendapatkan waktu "sendiri" nya sehingga ketika sedang bersamaku, dia bisa sepenuhnya berada disini.
Dia menyadari bahwa sikap menarik dirinya sulit aku terima. Tidak terlalu berat bagiku untuk membiarkan dia dengan dunia nya, selama dia menyadari bahwa hal itu sulit bagiku, dan kadang2 masih menyakitkan. Ketika aku merasa diabaikan dan tidak di perdulikan, dia tidak menggunakan "dunia" nya sebagai alasan. Sebaliknya dia berusaha mendengarkan dan kemudian merencakan waktu khusus untuk kami. Dia tidak perlu menghentikan kebiasaan nya untuk menghabiskan waktu dengan dunianya, tapi aku senang karena dia memperlihatkan keperdulian nya pada perasaanku. Ketika dia bilang, untuk menghabiskan waktunya minggu depan hanya denganku, membuatku jauh lebih mudah menerima waktu "dunia" nya dan aku senang dia mengatakannya.
Memahami dia dengan dunianya, telah membuatku belajar banyak. Sekarang ketika dia tampak jauh dan dingin, ak tidak panik. Ini hanya sementara. Yang aku lakukan adalah, berhenti berfikir bahwa ini salahku, aku melakukan kesalahan, dia tidak mencintaiku, aku telah mengecewakanmu, dia tidak lagi perduli padaku seperti dulu.
Sekarang aku tau, dia hanya berperilaku selayaknya lelaki dan ini tidak ada kaitannya denganku. Ini hanya berarti, bahwa dia hanya mempunyai sedikit perasaan cinta untuk dibagi dan bahwa dia menggunakan waktu yg dibutuhkannya untuk merasa lebih baik mengenal dirinya sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar